Jumat, 07 Maret 2014

Susu kedelai bergizi

 
 
PELUANG BISNIS SUSU KEDELAI

I.         ABSTRAK

Susu kedelai kini semakin populer. Makin banyak orang yang mulai mensubstitusi susu sapi dengan susu kedelai. Selain dinilai lebih ekonomis, susu kedelai juga dianggap mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apalagi di wilayah jogja banyak sekali dijumpai orang jualan susu kedelai waktu pagi. Oleh karna itu sangat lah mudah orang menjualnya dan membelinya untuk kebutuhan kesehatan tubuh.

II.      ISI

Peluang usaha susu kedelai sangat baik. Mengingat saat ini semakin meningkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Banyak yang mulai memperhatikan asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi setiap hari, terutama kaum ibu. Hal ini tentunya merupakan celah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Apalagi di wilayah jogja ini sangat mudah di jumpai orang jualan susu kedelei di waktu pagi.
Kunci keberhasilan usaha susu kedelai terletak pada kualitas susu yang dihasilkan serta kesegarannya. Tak lupa tingkat higienitas susu perlu sangat diperhatikan, mengingat media air sangat mudah ditumbuhi bakteri. Untuk itu, diperlukan peralatan yang memadai pada saat memutuskan untuk memulai usaha susu kedelai.
Untuk konsep usahanya sendiri ada beragam. Bisa dengan konsep kedai susu. Selama ini kedai susu yang sering kita jumpai, hampir semua merupakan susu sapi. Nah, tidak ada salahnya anda memiliki diferensiasi dengan kedai susu kedelai sebagai produk andalannya. Ditambah kreatifitas, keuletan serta didukung dengan manajemen yang baik, usaha susu kedelai bisa berkembang.
Selain itu, anda bisa juga mencoba memproduksi susu kedelai dalam kemasan. Untuk yang ini, perlu banyak mempertimbangkan aspek kemasan. Berbeda dengan snack atau makanan ringan yang mudah dikemas, untuk produk susu sangat sensitif dengan pertumbuhan bakteri. Maka dari itu, sering kita dengar produk-produk minuman melalui proses pasteurisasi dan sterilisasi untuk menjaga kualitas serta keamanan produk itu sendiri.
Konsep lain, anda bisa mencoba delivery susu kedelai pada pelanggan setiap pagi atau sore sesuai dengan permintaan. Dengan cara ini anda meminimalkan resiko tidak terjualnya produk karena anda hanya memproduksi susu kedelai sesuai dengan pesanan.

Bahan:
  1. Kacang Kedelai – 1/2 kg.
  2. Vanili – 1 bungkus untuk 1/2 kg kedelai.
  3. Gula pasir sesuai selera.
  4. Garam  sesuai selera.
Alat:
  1. Kompor
  2. Blender
  3. Panci
  4. Penyaring atau kain tipis yang bersih
Cara:
  1. Cuci bersih kedelai dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih
  2. Selanjutnya rebus kedelai sekitar 15 menit
  3. Angkat kedelai dan rendam dengan air bersih sekitar 10-12 jam agar kedelai melunak dan kulit arinya mudah terkelupas.
  4. Setelah itu cuci kembali kedelai dengan air bersih sambil diremas-remas agar kulit ari terkelupas.
  5. Jika sudah selesai kedelai bisa di blender, saat memblender bisa diberi air secukupnya.
  6. Setelah kedelai halus, maka campurlah dengan air mendidih secukupnya dan saring menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan ampas.
  7. Susu kedelai anda sudah jadi, namun masih harus direbus lagi hingga benar-benar mendidih. Tujuanya adalah untuk mensterilkannya dari mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai.
  8. Setelah mendidih maka kecilkan api dan aduk aduk susu kedelai selama kurang lebih 15 menit. Tujuanya agar sari sari kedelai tidak mengendap serta membuat susu kedelai lebih tahan lama.
  9. Setelah itu anda bisa menambahkan gula dan sedikit garam sesuai dengan selera. Jangan lupa masukan juga vanili agar aromanya semakin lezat.
  10. Minuman ini cocok di sajikan selagi hangat maupun di dingankan dulu di kulkas.
Demikian tips bermanfaat seputar resep dan cara membuat susu kedelei sendiri yang nikmat dan menyehatkan untuk keluarga tercinta. Semoga berhasil dan selamat mencoba.


Sumber :
http://resepsusukedelai.blogspot.com/p/peluang-usaha-susu-kedelai.html
http://www.likethisya.com/cara-membuat-susu-kedelai.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar